Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mampir di Pariwisata Banyuwangi, Bangsring Underwater Saja!

Liburan ke Banyuwangi, Bangsring Underwater menjadi jawaban yang tepat untuk kamu maupun keluarga. Bangsring Underwater ini letaknya di Desa Bangsring Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi. 

Mengapa di Bangsring Underwater?

Bangsring Underwater atau kerap dijuluki (Bunder) ini merupakan tempat wisata yang bersarana konservasi terumbu karang. Keindahan Bangsring Banyuwangi ini bukan terletak pada sekitar pantai, melainkan memiliki keindahan taman di bawah laut yang terdapat begitu banyak karang buatan yang amat cantik.

“Pariwisata ini sebagai etalase dari kegiatan edukasi dan konservasi kami, jadi kegiatan utamanya tetap konservasi dan edukasi,” kata Pendiri dan Pengelola Bangsring Underwater Ikhwan saat dihubungi Kompas.com, Senin (23/5/2022).

Pantai Bangsring Underwater Banyuwangi ini buka 24 jam, jadi para wisatawan dapat mengunjungi tempat ini kapan saja. Rasakan liburan puas dengan bermain dan jelajah keindahan pantai pasir putih dengan spot snorkeling terbaiknya.

Wisata pantai Bangsring Underwater Banyuwangi ini memiliki harga tiket masuk yang terbilang murah, dapat berfoto di tempat-tempat menarik dan indah, serta memiliki fasilitas lengkap dan Spot Banyuwangi adalah salah satu Kabupaten eksotis di Jawa Timur.

Harga tiket masuk Pantai Bangsring Banyuwangi cukup dengan tarif Rp.5.000 per orang, sudah bisa mengunjungi Pantai Bangsring Banyuwangi dan puas bermain di dalamnya.  pengalaman liburan seru, bersenang-senang menikmati keindahan pantai Bangsring, menikmati lingkungan pantai Bangsring Banyuwangi bersama keluarga ataupun bersama pasangan dan teman.

Sejarah Tempat Wisata

Sebelum menjadi tempat wisata yang cukup terkenal dulu Bangsring Banyuwangi ini menjadi lokasi dengan banyak ikan laut dan siap untuk dikonsumsi. Para nelayan pun juga bekerja di sekitar pantai dan dijadikan ladang. 

Sayangnya, ada beberapa oknum nelayan yang merusak ekosistem tersebut dan menangkap ikan secara ilegal menggunakan banyak cara contohnya, potasium dan bom laut.

Semakin hari para oknum tersebut semakin menggila hingga hal itu diketahui oleh pihak berwajib, membuat para pemuda taruna memiliki ide kreatif agar pantai tersebut dijadikan tempat wisata buatan.

Tidak hanya isi dalam laut yang begitu indah Underwater Banyuwangi juga menyediakan rumah apung yang berlokasi tidak jauh dari garis pantai sekitar 20m. Rumah apung Banyuwangi ini pernah menjadi area perjalanan laut namun, kini rumah apung tersebut menjadi pelestarian biota laut.

Karena jarak rumah apung dengan tepi pantai hanya sekitar 20 meter dari tepi pantai. Kamu memerlukan perahu untuk menyeberang agar sampai.

Akibat beberapa oknum yang menangkap ikan dengan cara ilegal membuat banyak sekali karang-karang di laut tersebut menjadi rusak. Kemudian dengan segala ide, Banyuwangi Jawa timur membuat karang buatan atau bisa juga disebut dengan firsh apartment.

“Banyak (penangkap ikan) yang merusak terumbu karang. Kemudian, fish apartment itu juga jadi terumbu karang yang sengaja dibuat agar ikan-ikan dapat berkumpul dan juga berkembang biak,” ujar Arif. 

Fasilitas Tempat Wisata

Untuk fasilitas sendiri Underwater Banyuwangi disediakan secara lengkap.

“Mungkin jika di tempat lain keranjang pengangkut ikan seperti ini cuma akan dijadikan tempat budi daya ikan atau perkembangbiakan. Kalau kami, satu-satunya keramba jaring ikan yang dikemas menjadi tempat penangkaran dan objek wisata,” ujar Ikhwan kala itu.

Fasilitas Bangsring Underwater yaitu, Rumah apung, wahana air, snorkeling yang memiliki tarif Rp 30.000 per orang, diving dengan tarif sebesar Rp 500.000 perorangannya dan untuk pemula telah disediakan pemandu agar diberikan arahan, terdapat penginapan, dan juga dapat menyeberang ke Pulau Tabuhan dan Pulau Menjangan dengan menggunakan sejumlah kapal atau perahu. 

Tarif untuk menyewa satu kapal ke Pulau Tabuhan sekitar Rp 500.000 yang minimalnya berisi 10 orang, sedangkan tarif kapal ke Pulau Menjangan sebesar Rp 1juta dengan 10 orang.

“Tarif tersebut hanya berlaku untuk menyewa kapal, belum termasuk tiket masuk Pulau Tabuhan dan Pulau Menjangan,” katanya. 

Nah, bagaimana? Apakah berminat untuk mengunjungi Bangsring Underwater di Banyuwangi ini?



Posting Komentar untuk "Mampir di Pariwisata Banyuwangi, Bangsring Underwater Saja!"